Studi Alkitab Lebih Mudah dengan SABDA Bot

Halo Sahabat SABDA, kali ini saya mau bercerita terkait SABDA Live yang dilaksanakan pada 17 Juni 2022. Materi yang disampaikan cukup menarik dan tentunya menambah pengalaman kita dalam menggali Alkitab bersama SABDA. SABDA Live kali ini berjudul GoSABDA! Studi Ber-Bot Alkitab! dengan narasumber Mas Hadi, dan moderatornya Mas Ody. Bagi teman-teman yang ingin melihat siaran tundanya, bisa nih kunjungi situs SABDA Live di live.sabda.org.

Nah, untuk presentasi awal, Mas Hadi memulainya dengan memperkenalkan tentang robot, ya robot, mesin pintar yang dibuat dan diprogram untuk menggantikan peran manusia dalam mengerjakan tugas tertentu, seperti bersih-bersih, menjadi koki di restoran, menjadi teknisi di dunia industri, bahkan menjadi teman untuk ngobrol ketika penat ... hehe. Prinsip mengganti peran ini menjadi jalan masuk Mas Hadi memperkenalkan chatbot, chat yang dibalas oleh robot/program. Chatbot sudah ada di dunia bisnis seperti saat kita ingin registrasi nomor HP dengan SMS. Karena itu, dengan pertanyaan refleksi, Mas Hadi menambahkan pertanyaan, "Bagaimana dengan dunia studi Alkitab sendiri?" Saya juga berpikir ulang jika manusia dengan sibuknya memajukan teknologi di berbagai bidang, tentunya di bidang Alkitab juga harus diperjuangkan untuk dikembangkan juga bukan?

Melalui pertanyaan tersebut, mulailah Mas Hadi memperkenalkan chatbot dari SABDA, yaitu SABDA Bot. SABDA Bot sudah dikembangkan sejak 2015, wow luar biasa. Namun, kalau dipikir-pikir, mengapa harus chat ya? Nah, pertanyaan ini juga dijawab oleh Mas Hadi. Sebenarnya, kita sering mendapat informasi dari pesan chat, baik dari grup maupun personal, yang membuat kita mendapat update informasi secara langsung, cepat, dan mudah diakses. Kemudahan informasi ini membuat aplikasi chat menjadi seperti New Browser secara tidak langsung, dan user lain menjadi penyedia link informasi yang dibagikan melalui pesan chat. Bisa dikatakan chat itu lebih mudah, real-time, anytime/anywhere, ekspresif, dan engage karena ada emotikon, stiker, dan fitur berbagi (share). Yang pasti, chat dijamin akan dipakai terus-menerus dalam keseharian kita yang suka berbagi informasi.

Yang pasti, bagi saya, tidak perlu ribet-ribet lagi harus membuka browser dan cari info berita. Saya hanya perlu langganan di channel tertentu, misal channel Telegram Kompas.com "News Update", saya sudah mendapat komunitas dan informasi daily-nya. Ditambah kalau pakai Telegram ada fitur Instant View yang dapat dibaca langsung tanpa beralih ke browser. Asyik, semakin mudah dan cepat deh! Nah, kalau untuk studi Alkitab, SABDA Bot yang direkomendasikan Mas Hadi layak banget nih pertimbangkan, apalagi dengan berbagai macam fitur yang ada seperti:

- Lihat pasal/ayat Alkitab dalam berbagai versi terjemahan dan bahasa.
- Referensi belajar seperti AlkiPEDIA, Kamus Alkitab, dan tafsiran Matthew Henry.
- Langganan rencana baca BaDeNo, humor, dan berbagai jenis renungan yang bisa dikirim setiap pagi.
- Sumber-sumber topikal, seperti Paskah dan Natal.
- dan masih banyak lagi lainnya.

Cara mendapatkannya hanya dengan mengetikkan perintah ataupun menekan tombol-tombol tertentu yang sudah disediakan dalam fitur SABDA Bot. Tak hanya digunakan secara pribadi, SABDA Bot juga bisa dimasukkan ke dalam grup/komunitas Telegram. Jadi, kita bisa PA bersama dengan chat lewat grup, yeah! Meski begitu, ada kerinduan nih dari tim developer untuk terus mengembangkan SABDA Bot sehingga ke depannya dapat mendekati percakapan natural manusia, tidak monoton seperti sekarang. Namun, untuk sekarang pun, manfaatnya sudah sangat besar loh. Nah, tunggu apa lagi? Yuk, segera coba SABDA Bot! Link di sini.

Melihat kembali fitur-fitur dari SABDA Bot yang sangat banyak, saya berpikir kalau hanya dengan bermodalkan aplikasi chat Telegram dan SABDA Bot, saya merasa sudah download berbagai aplikasi yang meliputi: Alkitab, Renungan, Tafsiran, Kamus Alkitab, dan masih banyak lagi. Top banget deh! Tidak ada alasan lagi untuk tidak studi Alkitab di HP, apalagi dengan alasan klise seperti "memory penuh" ... hehe.

Dari SABDA Live kali ini, saya belajar bagaimana harus memanfaatkan setiap bagian perkembangan teknologi untuk Tuhan. Jika sudah ada yang mengembangkan, kita wajib mau untuk memanfaatkan dan menggunakannya untuk pribadi atau komunitas, bahkan berani untuk memberi feedback dan mempromosikannya kepada teman-teman yang lain. Ayo share SABDA Bot kepada teman-teman lain!!

Sekian sharing singkat saya, kiranya dapat menjadi berkat bagi Sahabat SABDA. Tuhan Yesus memberkati. Shalom.